tempat iklan

Resep Kolak Biji Salak Nikmat Dan Mudah Cara Membuatnya

tempat iklan
tempat iklan
Resep Kolak Biji Salak Nikmat Dan Mudah Cara Membuatnya
Resep Kolak Biji Salak Nikmat Dan Mudah Cara Membuatnya

Anda tahu kolak candil? Kolak candil ini juga sering disebut sebagai kolak biji salak.
Siapa yang tak suka suasana santai di sore atau malam hari bersama dengan keluarga. Berbincang – bincang santai bersama orang – orang terkasih tentu akan jadi nuansa pas untuk menyegarkan pikiran. Nah, kalau Anda ingin suasana lebih hangat, maka tak ada salahnya kalau Anda menghadirkan hidangan yang hangat pula.
Salah satunya, Anda bisa membuat kolak candil. Hidangan kolak memang biasanya identik dengan bulan puasa, karena pada bulan puasa, Anda bisa dengan mudah menemukan para penjaja kolak yang lezat ini.
Tapi, kalau pun Anda ingin menikmatinya di luar bulan puasa, Anda bisa membuatnya sendiri loh. Kolak candil sebenarnya bukanlah hidangan yang sulit untuk dibuat. Hidangan berbahan dasar ubi merah ini cukup praktis untuk dibuat.
Jika Anda tertarik, Anda bisa menyimak resep kolak candil spesial berikut ini. Kolak candil yang spesial ini siap untuk menemani santap santai Anda bersama keluarga tanpa harus repot – repot membelinya. Tentu saja dengan membuat sendiri, Anda bisa memastikan kualitas hidangan Anda.
Bahan yang diperlukan untuk membuat kolak candik spesial :
Bahan untuk isi / candil :
  • 700 gram ubi merah
  • 100 gram tepung kanji
  • ½ sendok teh garam
Bahan Kuah:
  • 200 gram gula merah
  • 75 gram gula pasir
  • 1000 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 3 helai daun pandan
  • ½ sendok teh garam
  • ¼ sendok teh vanili
Cara membuat kolak candil :
  • Langkah pertama untuk membuat kolak candil, adalah menyiapkan isinya yang terbuat dari ubi merah. Pertama – tama, ubi merah dicuci hingga bersih dengan air mengalir, lalu dikukus hingga matang dan empuk. Setelah matang, angkat.
  • Ubi yang sudah matang dan empuk lalu bisa dikupas kulitnya sampai bersih.
  • Setelah kulit ubi merah habis dibuang, hancurkan ubi hingga lembut dengan cara ditumbuk atau diremas dengan tangan. Usahakan melembutkannya selagi masih hangat agar lebih mudah lembut.
  • Selanjutnya, tambahkan tepung kanji pada ubi merah yang telah lembut dan garam. Aduk dengan tangan yang bersih sampai bercampur rata.
  • Kemudian, buatlah adonan ini menjadi bulatan – bulatan kecil sebesar biji salak. Buat seluruhnya hingga adonan habis dan sisihkan.
  • Selanjutnya, Anda bisa membuat kuah kolak candil dengan cara mencampurkan santan, gula merah, gula pasir, daun pandang dan vanili. Rebus di atas api sedang hingga mendidih sambil sesekali diaduk agar santan tidak pecah.
  • Setelah kuah mendidih, ambil adonan candil, kemudian masukkan satu per satu ke dalam kuah. Setelah semua candil tampak mengapung ke permukaan. Matikan api dan hidangan kolak candil spesial Anda pun siap untuk dihidangkan.
Bagaimana resep kolak candil yang telah diuraikan di atas? Cukup praktis bukan? Hidangan kolak candil memang sedikit berbeda dengan kolak kebanyakan yang hanya tinggal memasukkan potongan – potongan buahnya saja.
Sebelum membuat kuah kolaknya, Anda harus membuat adonan candil dan membuat bulatan candil terlebih dahulu. Meski membutuhkan waktu lebih lama dari pada membuat kolak biasa, tapi prakteknya tak terlalu sulit. Membuat kolak candil ini cukup praktis dan mudah.
Selain praktis, rasanya pun cukup manis dan menggoda. Apalagi, isi kolak candil yang lembut dan kenyal pun membuat kolak ini menjadi terasa spesial dan lezat. Pas sekali untuk dijadikan sajian spesial untuk menyambut tamu di malam hari. Untuk menemani suasana santai di sore atau malam hari pun juga pas.
Anda tertarik untuk mencoba sendiri resep kolak candil ini? Tunggu apa lagi? Segera praktek saja ya. Selamat mencoba dan selamat berkreasi.
Baca juga :Resep Bubur Jagung Manis Keju Santan Enak Tanpa Sagu Mutiara Bisa Untuk Bayi 6 Bulan

tempat iklan

0 Response to "Resep Kolak Biji Salak Nikmat Dan Mudah Cara Membuatnya"

Posting Komentar

tempat iklan